Laman

Minggu, 19 September 2010

Penyebaran Infeksi Gigi Mulut

Sering dijumpai diantara kita, saat sakit gigi tidak memeriksakan diri kedokter gigi karena ternyata dapat disembuhkan dengan minum obat sendiri. Sakit gigi karenha infeksi

yang bermula dari lubang digigi ( pulpitis akibat caries gigi ) sering sangat mengganggu, terasa berdenyut sangat tajam hilang timbul , dapat kambuh lagi suatu saat dikemudian hari setelah disembuhkan dengan minum obat, dapat menjadi sumber infeksi kejaringan sekitarnya dan walaupun sangat jarang dapat juga menyebarkan infeksi kebagian tubuh lain seperti jantung dan ginjal. Caries disebabkan karena karbohidrat yang tertinggal didalam mulut bersama dengan mikroorganisme memproduksi asam yang merusak email gigi . Beberapa tahun yang lalu ada seorang karyawan mempunyai gigi berlubang, sudah membuat jadwal penanganan dengan seorang dokter gigi namun tertunda karena harus segera mengikuti pelatihan intensif . Pelatihan dilaksanakan selama 2 minggu menginap dilokasi pelatihan, menurut cerita beredar beliau sangat antusias dan aktif , tidur hanya rata rata 2 - 3 jam sehari. Selesai pelatihan masuk rumah sakit karena keluhan batuk, panas, dan sesak, ternyata mengalami kelainan katup jantung dan akhirnya meninggal dunia. Karena tidak mempunyai riwayat sakit jantung sebelumnya, ada kemungkinan terjadi infeksi yang menyebabkan kelainan pada katup jantung , disebabkan kuman Streptococcus yang bersumber dari gigi , yang dipicu oleh karena daya tubuh yang menurun akibat kurang istirahat/ kurang tidur. Sebaiknya setiap caries gigi yang kita alami ditangani sampai tuntas , biasanya dokter gigi melakukan penambalan atau bila perlu pencabutan gigi   sehingga tidak lagi menjadi sumber infeksi yang dapat membahayakan jiwa .


Catatan : Dapat juga terjadi penyebaran infeksi ke otak dengan resiiko tinggi kematian ( Dental Health Magazine, http://worldental.org/gum/die-from-dental-infection/811/  )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar